services ac mobil ,servis ac mobil ,tune up mobil,Sparepart ac denso, Sparepart ac sanden, Spare part ac suniso, Sparepart ac behr, Sparepart ac delphi, Spareparts ac Mobil

Kamis, 22 Desember 2016

Mesin Cepat Panas Saat Ac Mobil Hidup Jika Extra Fan Mati

Penyabab Mesin mobil cepat panas saat ac hidup adalah karena extra fan yang berfungsi untuk mendinginkan atau membuang panas kondensor ac sedang dalam kondisi tidak hidup atau mati.
Penyebab dan akibat yang terjadi jika extra fan ac mati atau tidak berputar selain membuat mesin cepat panas adalah ac mobil menjadi kurang dingin, extra fan ac mobil juga ada yang menyebutnya sebagai extra fan radiator sbg extra fan radiator karena dilihat dari letak dan posisinya yang menempel pada radiator dan penyebab extra fan ac mati juga beragam, mulai dari habis karbon brush atau komutator pada motor extra fan atau pada kerusakan pada relay extra fan, hingga ke jalur perkabelan.
Biasanya kejadian mesin panas saat ac hidup dan paling sering ditemui pada ac mobil yang condensor ac nya bersebalahan dengan radiator, seperti contoh pada opell blazzer jika salah satu kipas radiator mati, ketika ac dihidupkan dan mobil jalan beberapa kilometer maka temperatur mesin akan naik.
beda lagi jika kondensor ac tidak berdekatan dengan radiator seperti contoh pada KIA Travello, jika extra fan mati hanya akan menyebabkan ac menjadi tidak dingin saja, tidak akan sampai membuat mesin menjadi panas atau temperatur tinggi naik.
Sistem kerja motor extra fan di AC Mobil biasanya bersamaan dengan hidup ac mobil, ketika ac ON kipas pada extra fan juga akan berputar untuk mendinginkan kondensor atau berdasarkan pada temperatur air radiator.
untuk seperti kasus extra dan yang bekerja berdasarkan pada temperatur air radiator, terdapat sensor untuk mengatur bekerjanya extra fan yang tertanam di radiator seperti contohnya adalah pada Toyota Crown tahun 2001 yang masih menggunakan visco fan radiator dengan tujuan ketika AC Mobil dihidupkan tetapi kendaraan dalam posisi diam, extra fan akan bekerja membantu visco fan radiator yang berputar di rpm rendah.
Untuk bisa mengetahui apakah bisa kendaraan menggunakan motor extra fan atau tidak adalah dengan cara melihat kipas yang terletak di sekitar radiator. Kalau cuma terdapat satu kipas atau satu fan artinya kendaraan ini tidak menggunakan kipas yang di sebut extra fan. Tetapi satu kipas radiator tadi juga sekaligus berfungsi untuk extra fan dan fan radiator seperti contoh pada mesin Avanza dan Xenia.
Sesuai dengan fungsinya untuk bisa membantu pendinginan kondensor AC Mobil, terdapat beberapa posisi extra fan sesuai dengan kebutuhan pendinginan atau membuang panas di kondensor.
Extra fan berada di depan kondensor di ac mobil dan meniupkan angin dingin ke arah kondensor dari arah depan contoh pada extra fan mobil Timor, extra fan berada di posisi belakang kondensor dan radiator secara berdampingan untuk bisa bersama-sama membuang panas kondensor atau radiator, contohnya adalah opel blazer atau nissan sunny.
Untuk ac mobil yang menggunakan lebih dari satu kondesnor maka extra fan berada di masing-masing kondensor, dimana penempatan kondensor jauh dari radiator, dan bisa dilihat pada mobil travello.
Semoga artikel diatas bisa membantu anda, dan jika ada pertanyaan lanjutan tentang Masalah AC Mobil, silahkan hubungi kami

Incoming search terms:

  • fungsi extra fan
  • fungsi extra fan pada mobil
  • fungsi extra fan radiator

Mesin Cepat Panas Saat Ac Mobil Hidup Jika Extra Fan Mati Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar